Belajar Bahasa Gorontalo



Ramba-ramba (Rempah-rempah)

Cabai = malita
Tomat = kamate
Garam = watingo
Bawang merah= piala tula
Bawang putih = pia
Kemangi = balakama
Kunyit = alawahu
Jahe = meelito
Pongaalalo (alat untuk makan)
Gelas = halati
Sendok = titiidu
Teko = poti, poci
Belanga = bilenga
Bele?u (rumahku)
Hal-hal yang belum jelas dapat menghubungi twitter : @luthfiparfum facebook: luthfiparfum@ymail.com
MOHUDU TUNGGUDU SEBELUM KHUTUBA
Ambua lo ta isilamu
Boluta lio tahepotuaua lo dewo ode Allah S.W.T
To wungguli le me Hurairah ta ilo pia lo ea tio
Tutuliyo molatutu tio loloiya lo Rasulullah S.A.W :
Dulahu juma’ati ta’u-ta’uwa tio lolude lo dulahu
Waw pohajia lio lo tafakiri
Waw dulahu buka lio lo tamisikini
Totonggade ti hatibi mammo botulo mola ode membaru
Mamola titalu mai mohutuba
De’o pohutubalio mai boito
Wondo-wondolo tabia dulo raka’a faradu
Didu mowali tahe bisa-bisalawa sia-sia tio
Diyalu oliyo jumaati.
Bomotipo’oyo
Modudu’o waw modungohu
Mudah-mudahan ma’oponu mayi lo Allah S.W.T

Belajar Bahasa Gorontalo Part 3

Image
Kata keterangan dalam bahasa Gorontalo (BG)
Kata keterangan dalam BG dapat diperinci atas :
Memberikan keterangan waktu:
De = nanti;   de loombu wa?u mona?o (nanti besok aku pergi)
Eengondii  atau eengondiie = tadi
Loombu = besok
Olaango = kemarin
Ngoonu = lusa
Ngooma = tula
Tunuhu olaango = kemarin dulu
Lolaango = petang
Mohuloonu = siang, tengah hari
Dumodupo = pagi
Hui = malam
Ngope?ema?o lolaango= sebentar sore

Nama-nama hari hampir sama dengan bahasa arab :
Ahadi = Minggu
Isinini = Senin
Salaasa = Selasa
Araba?a = Rabu
Hamisi =kamis
Juma?ati = Jum’at
Sahutu = Sabtu
Memberi keterangan tempat
Teeto  : disitu
Teea = disini
Kata-kata ini dapat digabungkan dengan Morfem Penunjuk Arah (MPA) sehingga terdapat kata :
Teeamai = di sini
Teetomola = di sana
Memberi keterangan tentang pengingkaran atau kesungguhan
Diila = tidak
Jo = ya (untuk laki-laki)
Saya = ya (untuk perempuan)
Oo?o = ya (tidak hormat)
Contoh penggunaan kata jo. Misalnya anda disuruh oleh Ibu anda untuk menyiram bunga di pekarangan. Tentu anda akan menjawab “ya”. Maka dalam BG, Jika anda laki-laki maka anda harus menjawab dengan kata”jo”. Jika anda seorang perempuan maka anda harus menjawab “saya”.
Memberikan keterangan tentang jumlah
Daadaata = banyak
Ngo?idi = sedikit

Kata seru dalam Bahasa Gorontalo
Menyatakan Pengeluhan  : Woh atau uh
Menyatakan panggilan : ei atau wei = hai
Menyatakan kemarahan : ah atau seh
Menyatakan kesakitan : aduu atau akee atau nana wa?u = aduh
Menyatakan kekecewaan : astaga
Menyatakan kesedihan : aati atau aati olo = kasihan
Menyatakan syukur = Alhamdulillah
Menyatakan keheranan = ih atau wih
Menyatakan ketidak puasan = massa = masa
Kata-kata yang terikat konteks misalnya
O = ada, mempunyai
U = yang
Lo= dengan
Contoh :
waatia o ileengi  (Saya mempunyai kebun)
toonu u pilojanjiamu? (mana yang kau janjikan?)

Hal-hal yang belum jelas dapat menghubungi twitter : @luthfiparfum facebook: luthfiparfum@ymail.com

Belajar Bahasa Gorontalo Part 2

Image
Kata sapaan
v                                                                   Kata sapaan berdasarkan warna kulit
Kuni = kuning
Puti = putih
Ita = hitam
Sehingga terdapat kata sapaan :
pakuni (bapak yang kuning)
makuni (ibu yang kuning)
kaputi (bapak yang putih)
ba?ita (bapak yang hitam), kata sapaan ini digunakan sesuai dengan keinginan orang yang kita panggil atau orang tersebut biasa disapa oleh orang-orang disekitarnya dengan sapaan seperti itu. Jangan sampai ada orang Gorontalo lewat kemudian kita panggil ba?ita atau ka?ita (kakak yang hitam), nanti dia akan tersinggung.
v                                                                   Kata sapaan berdasarkan besar kecilnya badan
Kiki = kecil
Da?a = besar
Kata sapaannya adalah :
Pakiki = bapak kecil
Makiki = ibu kecil
Pada?a = bapak besar
Mada?a = ibu besar
v                                                                   Kata sapaan berdasarkan tinggi rendahnya badan
Haya = tinggi
Panja = panjang
Pende = pendek
Kata sapaannya adalah :
Pahaya = bapak yang tinggi
Mahaya = ibu yang tinggi
Kapanja = kakak yang panjang
Kapende = kakak yang pendek
Untuk perempuan diikuti nama orangnya mis : pende linda
v                                                                   Kata sapaan berdasarkan orang beberapa diantara mereka bersaudara, satu, dua tiga
Pasatu / masatu = bapak/ibu yang pertama
Patenga / matenga = bapak / ibu yang ditengah
Maali = mak yang terakhir
v                                                                   Kata sapaan karena kesayangan
No?u untuk perempuan
Uuti untuk laki-laki

Kata sandang dalam Bahasa Gorontalo
Kata sandang dalam bahasa Gorontalo yakni “te” untuk laki-laki, “ti” untuk perempuan atau yang dihormati misalnya ayah, bupati, camat, sehingga terdapat kata-kata seperti dibawah ini :
  • Ti papa
  • Ti bupati
  • Ti camat
  • Ti Aisyah
  • Te Dula
Dalam bentuk punya atau pelaku :
”te” berubah menjadi “le”
“ti” berubah menjadi “li”
Contoh : Bele le Dula woli Siti kilaraja le Norman (rumah Dula dan Siti dikerjakan si Norman)
Kata sandang ini bersifat wajib dalam bahasa Gorontalo (Hulondhalo). Demikian juga kata sandang punya dan pelaku.

Hal-hal yang belum jelas dapat menghubungi twitter : @luthfiparfum facebook: luthfiparfum@ymail.com

Belajar Bahasa Gorontalo part 1

Image
Bagaimana- woloolo / hinda woloolo
(huruf vocal yang double dibaca panjang. Contoh : kata roobooot.. makaan… tiduur Apaaaaa? Masih adaaaa? Iyaaaa masih ada satuuu wololo, ngoolo juga cara bacanya seperti itu)
Hinda woloolo habari?    (Bagaimana kabar?)
Alhamdulillah pio-piohu     (Alhamdulillah baik-baik)
Woloolo habari?      (Bagaimana kabar?)
Hinda woloolo ko?ada?an lo ngongotio?        ( Bagaimana keadaan penyakitnya?)
(baca : ko’ada’an)
Ma pio-piohu       (Sudah baik)
Eleponu woloolo waatia didu parasaya olio          (Bagaimanapun saya tidak percaya lagi padanya)
Debo odelo u ma yilo?ia laatia, tio ma yilonga       (Sebagaimana yang saya katakan, dia sudah makan)

Berapa  – ngoolo
Berapa uang yang kau perlukan  (ngoolo doi paraluuomu)
Tidak berapa mahal  (Diila boti mahale)
Berapapun    (openu ngoolo)
Seberapa saja  (openu bo ngope?e)
Berapa (mehelu ngoolo)
Berapakah  (ngooloma?o)                                                                                      

Berapa umurmu?  (Ngoolo umurumu?)
Berapa umur anda?  (Ngoolo umurundo)
Berapa umurmu nak? (bertanya kepada anak laki-laki)                    Ngoolo umurumu uti?
Berapa umurmu nak? (bertanya kepada anak perempuan)              Ngolo umurumu no?u?  (baca : no’u)

Kapan – omolua
Kapan engkau ke Makassar?      Omolua yi?o ode manggasara?
Kapan engkau ke Manado?          Omolua yi?o ode Moladu?
Kapan engkau ke Gorontalo?       Omolua yi?o ode Hulondhalo?
Besok         loombu
Kapan engkau dari Surabaya            omo-omolumai yi?o londo Surabaya
Kapan-kapan engkau dapat menghubungi aku                  bolo toonula wakutu yi?o moali mohubungi ola?u

Tatoonu – siapa
Siapa yang membuat layang-layangmu?                       Tatoonu ta lohutu alanggayamu?
Siapa yang mengambil bukuku?                       Tatoonu ta lohama buku?u?
Siapa lagi                       onggo tatoonu
Barangsiapa                tatoonu-tatoonu
Siapapun                   openu tatoonu
Siapa saja                     bolo toonulo
Siapa kau?               Tatoonu yi?o?

Akhiran persona
Bele = rumah
Bele?u = rumahku
Belemu = rumahmu
Belendo = rumah kita
Belelami = rumah kami
Belelio = rumahnya
Belelimongoli = rumah kamu

Nama – tanggulo
Anak itu belum ada nama         (untuk laki-laki)
ta le?ikiki?a boito dipo o tanggulo
Anak itu belum ada nama         (untuk perempuan)                                                        
tabuakiki?o boito dipo o tanggulo
Anak = wala?o
Laki-laki = talola?i
perempuan = tabua
Anak laki = wala?o talola?i
Anak perempuan = wala?o tabua
Paman = po?uama
Bibi = po?uula
Nenek = neene
Kakek = baapu
Saudara  = wutato
Ipar = yipahu
Suami/ Istri = hialo/ dile
Kemanakan = po?uala?a
Tiri = wuato?o

copyright : https://sartonishak85.wordpress.com/

Komentar

  1. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan sejumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diminta untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  2. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui kebaikan Ibu Ny. Helen Wilson. Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya memanggil keberanian dan menghubungi Ibu Helen.

    Saya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ny. Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau Whatsapp: + 1-585-326-2165 untuk Anda pinjaman

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini. Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar